Comments

Menikmati Wisata Situs Liyangan dan Kolam Cinta

Sunrise Situs Liyangan Photo By @ariftriad08 ; 2016

Hari-hariku hanya dirumah jika tak ada seorangpun yang menemani aku untuk menikmati wisata. Kebetulan ada temanku yang mau diajak berwisata, sebelumnya tujuan berwisata belum ada di benakku dan temanku, karena temanku berpikiran untuk beli Celana di Distro Candiroto, Temanggung. Setelah berpikir sebentar maka tujuan Wisata nya ke Situs Liyangan dan menikmati Kolam Cinta.


    Untuk menuju ke Lokasi Wisata dibutuhkan waktu sekitar 45 Menit dari Pusat Kota Temanggung. Jika menggunakan Transportasi Umum bisa Naik Bis Jurusan Temanggung-Wonosobo lalu turun di Terminal parakan dan menyambung naik Bis jurusan Parakan-Candiroto dan turun di Tugu Ngadirejo setelah Pasar Ngadirejo. Setelah itu bisa naik Ojek di sekitar Tugu sampai ke lokasi wisata Situs Liyangan, oh iya tugu itu dikenal dengan Tugu Geseng.

    Karena saya menggunakan Sepeda Motor, maka jalur yang saya lewati hampir sama, hanya saja saya melewati jalur alternatif agar menghindari ramainya jalan di Pasar Ngadirejo. untuk lebih jelasnya bisa liat maps dibawah, agar ente kalau kesana kagak nyasar lagi.




   Situs Liyangan ini dikira-kira sudah berdiri sejak zaman mataram kuno. Katanya para ahli hal itu dibuktikan dengan adanya bulir padi purba, kayu yang terbakar menjadi arang, yang diperkirakan semua itu terbakar dikarenakan terkena erupsi dari Gunung Sindoro. emang bener kalau Situs Liyangan ini memang berada di lereng Gunung Sindoro. Dari area Situsnya saja Gunung Sindoro tampak begitu dekat. Untuk ekskafasi yang dilakukan sudah dimulai sejak lama, hingga tahun 2015 ini sudah banyak ditemukan peninggalan baru seperti, tembikar zaman Dinasti Cina kuno, Arang bekas kayu pendopo, rumah dan sebagainya, altar, jalan, dan pagar. Mungkin ada penemuan lain yang saya tidak tahu, karena informasinya kurang cukup lengkap.
   Saat ane bertanya sama orang-orang tua disana, ane dapat beberapa informasi yang sebelumnya belum tau. beliau mengatakan bahwa Situs Liyangan ini diperkirakan luasnya sampai ke area persawahan warga yang katanya saat ini ekskafasi dilakukan dibekas tambang batu dan pasir. katanya itu diperkuat dari pemandangan yang terlihat disana. Di daerah yang berbatasan dengan sawah warga, terdapat seperti pondasi dari batu yang disusun masih secara tradisonal. Dari hal itu dimungkinkan diatas persawahan sana masih akan ditemukan penemuan lainnya.
   Situs Liyangan ini meskipun diperkirakan lebih besar dari Candi Borobudur bila sudah usai diekskafasi. Tempat ini bukanlah suatu candi namun semacam pemukiman warga jaman mataram kuno. Ya mungkin bahasa kerennya kadipaten gitu. Hal itu diperkuat dengan beberapa waktu lalu ditemukan jalan yang disusun dari batu.

Situs Liyangan Photo By @ariftriad08 ; 2016
 Lokasi Candi Liyangan

 Salah satu Candi/Situs Liyangan


Pos Candi/Situs Liyangan


Tidak jauh dari lokasi Candi Liyangan, terdapat suatu kolam yang dibangun dari batu. Penduduk sekitar menamakannya “Kolam Cinta”, Di kasih nama Kolam Cinta karena salah satu kolam tersebut berbentuk hati. terdapat tiga kolam yang masing-masing memiliki kedalaman berbeda, mulai dari ½ meter sampai 1 meter.. jadi saya kira kolam ini dibuat untuk anak- anak. untuk kalian yang bawa adik-adik kecil sangat cocok untuk dibawa renang ke kolam cinta tersebut.
   Air yang dipakai kolam renang tersebut sangatlah jernih yang bersumber dari air mata Gunung Sindoro, tak lupa juga airnya sangat segar sekali, cocok untuk kalian yang kepanasan setelah keliling menikmati indahnya Candi Liyangan.


Ane kira area Situs Liyangan ini akan terus berkembang, jika area ini terus di eksplorasi kemungkinan akan merambah ke desa-desa sekitarnya, dan akan menjadi cagar budaya yang akan menyumbangkan cerita dan bukti sejarah dalam peradaban manusia di Indonesia terutama untuk Kota Temanggung tersendiri.
Situs Liyangan Photo By @ariftriad08 ; 2016
 Kolam Cinta Candi/Situs Liyangan


Kolam Cinta Candi/Situs Liyangan


 Petunjuk Arah menuju Kolam Cinta/Arena ATV Candi/Situs Liyangan


 Petunjuk Arah menuju Kolam Cinta Candi/Situs Liyangan


 Pengunjung dari berbagai daerah, dan terdapat alat berat untuk mencari Candi/Situs Liyangan yang lainnya.


 Lokasi Candi/Situs Liyangan

Situs Liyangan Photo By @ariftriad08 ; 2016


 Saya sempat berpose dengan background Candi/Situs Liyangan


 Terdapat fasilitas penerangan, untuk penjagaan di malam hari

 Pengerukan Candi/Situs Liyangan


 Panorama Pegunungan Dieng

Hey there, I'm Mas Boy Smart!

Share This Post

Comments

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment